Hiburan

6 pemeran pengganti dalam film mahal Hollywood

Heidi Moneymaker jadi pemeran pengganti Scarlett Johansson dalam film The Avengers Heidi Moneymaker jadi pemeran pengganti Scarlett Johansson dalam film The Avengers © cakeoven.co.nz

Dalam industri perfilman, tidak banyak aktor seperti Jacky Chan maupun Tom Cruise. Keduanya mengotot melakukan sendiri adegan sulit nan berbahaya dalam film yang dibintanginya. Beberapa aktor atau aktris lain mungkin akan berpikir dua kali ingin mengikuti jejak berisiko tersebut.

Sutradara dan produser juga akan menempuh cara serupa demi lancarnya proses produksi film. Pasalnya, jika aktor utama cedera, alamat produksi syuting akan tersendat. Kasus cedera kaki Harrison Ford saat syuting film Star Wars: The Force Awakens (2015) adalah bukti nyata. Sembari menunggu kesembuhan pemeran Han Solo itu, roda produksi terpaksa dihentikan sejenak.

Penundaan proses syuting sama dengan membengkaknya ongkos produksi. Terlebih lagi dalam film berkategori blockbuster (berbiaya besar) yang normalnya telah menelan ongkos ratusan juta dolar. Efek tertundanya syuting juga bisa membuat jadwal rilis molor dari yang telah ditentukan sejak jauh hari, terutama dalam proyek pembuatan film di Hollywood yang terkenal rapi.

Agar risiko cedera terhadap pemeran utama dapat diminimalkan, sutradara biasanya mendelegasikan beberapa adegan berbahaya kepada pemeran pengganti alias stuntman/stuntwoman. Livi Zheng, sineas Indonesia di balik film Brush with Danger, juga mengawali karier sebagai pemeran pengganti kala memasuki rimba perfilman Amerika Serikat.

Selain bernyali besar dan memiliki kemampuan spesifik yang dibutuhkan untuk melakoni sebuah adegan, seorang pemeran pengganti biasanya berciri fisik agak mirip dengan sang aktor utama yang digantikannya. Majalah Hollywood Reporter edisi Oktober 2015 pernah mengungkap bahwa seorang pemeran pengganti rerata dibayar USD889 (Rp12 juta) per hari.

Beberapa daftar film yang akan tayang sepanjang 2016 dengan ongkos pembuatan ratusan juta dolar seperti Batman v Superman: Dawn of Justice, Captain America: Civil War, dan X-Men: Apocalypse juga tak lepas dari jasa pemeran pengganti. Siapa saja mereka? Berikut sekilas profilnya seperti termuat dalam laman Tech Insider (25/2/2016).

Heidi Moneymaker Stunt Reel 2014 © 87Eleven Action Design

Awalnya merupakan anggota tim senam University of California Los Angeles (UCLA). Berkat gerakan tubuhnya yang luwes, perempuan berusia 37 tahun ini lantas melakukan pekerjaan sebagai seorang stuntwoman dalam berbagai film kecil. Kebiasaannya tersebut lantas berubah menjadi karier. Heidi sekarang menjadi langganan sebagai pemeran pengganti Scarlett Johansson, termasuk untuk peran Black Widow yang akan muncul dalam Captain America: Civil War (rilis 6/5/2016).

Renae Moneymaker 2014 Stunt Reel © 87Eleven Action Design

Adik Heidi yang berumur sembilan tahun lebih muda ini adalah sosok di balik berbagai adegan berbahaya yang dilakukan Jennifer Lawrence dalam film The Hunger Games: Mockingjay – Part 2 (20/11/2015), X-Men: Apoclypse (27/5/2016), dan Passengers (21/12/2016). Ia sempat pula menjadi pemeran pengganti Saoirse Ronan di film The Host (2013).

Albert Valladares Stunt REEL © Spiderfreerunning

Dijuluki laba-laba karena sangat mahir dalam aktivitas parkour (baca; paar-kuur) yang mengandalkan kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya melintasi berbagai rintangan, seperti cabang-cabang pohon, bebatuan, hingga tembok beton. Valladeres adalah stuntman Henry Cavill di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Sebelumnya ia menjalankan peran serupa dalam serial Teen Wolf, Bones, dan CSI: Miami.

Alex Kyshkovych – Stunt Reel 2012 © hybridmovement

Jika anda telah menyaksikan film Deadpool yang mencetak banyak rekor box office dan terkesima dengan berbagai adegan laga di dalamnya, maka kredit harus anda berikan juga kepada Alex Kyshkovych. Aktor kelahiran Rusia yang kini bermukim di Kanada itu adalah pemeran pengganti Ryan Reynolds, sang pemeran Deadpool. Sosoknya juga dipercaya sebagai stuntman Leonardo DiCaprio dalam film The Revenant.

Daniel Stevens, Stunt Reel 2014 © stuntdan

Tumbuh besar di Australia berbekal kebisaan bela diri, balap sepeda, mendaki, dan selancar air membuat modal pria berusia 37 ini sebagai seorang stuntman lumayan lengkap. Tak heran jika ia mendapat banyak panggilan, di antaranya sebagai pengganti Hayden Christiensen (Attack of the Clones), Zachary Quinto (Star Trek: Into Darkness), Hugh Jackman (X-Men: Days of Future Past), dan Robert Downey Jr. (Captain America: Civil War).

Richard Cetrone Suit/Prosthetic/Motion Capture Reel © Richard Cetrone

Peraih penghargaan Outstanding Performance by a Stunt Ensemble in a Motion Picture di Screen Actors Guild Award ini adalah spesialis pemeran pengganti buat Ben Affleck. Tiga film Affleck seperti Batman v Superman: Dawn of Justice, Suicide Squad, dan The Accountant menggunakan jasanya. Ia juga andal sebagai seorang aktor motion capture atau proses perekaman wajah dan gerakan menjadi model animasi digital.

Loading...
Previous ArticleNext Article