Hiburan

6 Tanda Gangguan Mata Si Kecil

Apabila indera penglihatan Si Kecil tidak dalam kondisi baik, akan memengaruhi aktivitasnya setiap hari. Oleh karena itu, jagalah kesehatan ‘jendela dunia’ buah hati Anda tersebut sejak dini. Salah satunya dengan jeli melihat tanda-tanda gangguan mata yang terjadi padanya.
Berikut tanda-tanda tersebut:
1. Bayi yang terlahir prematur dan berat badan rendah, biasanya terpapar oksigen tinggi sehingga mengalami masalah pada retina. Oleh karena itu segeralah bawa Si Kecil ke spesialis mata untuk diperiksa.
2. Bola mata yang tidak normal sejak lahir, dapat terlihat dari bentuk, ukuran, dan gerakan bola mata.
3. Saat usia bayi kurang dari 3 bulan, mata bayi tampak seperti juling karena pada usia tersebut bayi masih belajar untuk mengendalikan dan mengoordinasikan matanya. Di usia 4 bulan, pandangan mata biasanya akan menjadi lurus dengan sendirinya. Namun apabila satu mata atau kedua matanya masih terlihat ke samping atau ke bawah dan ke atas, maka patut dicurigai ia mengalami juling.
4. Perhatikan bila Si Kecil memiringkan kepala, memicingkan mata, dan bergerak mendekat ketika melihat suatu objek.
5. Mata anak terlihat seperti mata kucing. Gejala ini bisa merupakan gejala tumor mata. Oleh karena itu, segera bawa anak ke dokter mata saat melihat gejala tersebut.
6. Mata sering merah, berair, dan mengeluarkan kotoran atau belekan.
Sumber : motherandbaby.co.id
Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *