Uncategorized

Gel Stroberi Buatan Mahasiswi UGM Ini Membantu Cerahkan Gigi

berry bleach

Cara mencerahkan gigi dari bahan alami sangat banyak metodenya. Salah satu menggunakan buah stroberi dan baking soda. Oleh tim mahasiswi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, kedua bahan tersebut dipadukan menjadi sebuah produk gel pencerah warna gigi. Produk ujicoba bernama gel Berrybleach itu berfungsi mengembalikan gigi lebih cemerlang.

“Gel Berrybleach terbukti efektif untuk mengembalikan warna alami gigi,” kata Onni Fitriani Solikhah, salah seorang inovator tim, seperti dikutip laman Republika.

Gel Berrybleach memiliki pH netral sehingga aman bagi mulut. Kombinasi stroberi dengan baking soda ini memberikan sifat amfoter. Kandungan asam elagat pada stroberi sangat tinggi. Asam ini berguna untuk mencerahkan warna gigi. Dengan ditambah bahan baking soda, proses pencerahan gigi terjadi lebih baik. Meski begitu, Onni menjadikan produknya tidak bersifat asam.

“Kami mencoba mengombinasikan dan memformulasi kedua bahan ini menjadi suatu gel pencerah warna gigi dengan pH netral yang aman digunakan. Bahan pemutih gigi tidak boleh bersifat asam karena merusak jaringan keras gigi,” tutur Onni.

Seringkali warna gigi yang kusam dipicu oleh gaya hidup seseorang. Mereka yang doyan merokok, minum teh, kopi, atau terlalu lama mengonsumsi obat antibiotik dimungkinkan memiliki gigi yang tidak cerah. Fungsi dari Berrybleach ini membantu mengangkat noda pada gigi tanpa merusak enamelnya. Onni mengatakan produknya ini bisa bersaing dengan produk sejenis dengan efek samping yang bisa diminimalkan.

“Hasil ini setara dengan daya penetrasi gel pemutih gigi paten buatan pabrik. Efek samping yang ditimbulkan seperti kekasaran permukaan gigi terbukti minimal,” ujar Onni.

Pencerah gigi konvensional banyak yang menggunakan bakan seperti hidrogen peroksida dan karbamid peroksida. Efek sampingnya antara lain gusi sensitif yang mudah berdarah, gangguan dalam mengecap, perubahan pada enamel, hingga berisiko memicu kanker.

 “Produk Berrybleach tidak memiliki dampak seperti itu, karena menggunakan buah stroberi sebagai bahan dasarnya,” katanya.

Tim FKG ini terdiri dari Dimar Pangestika Sari, Onni Fitriani Solikhah, Enggardini Rachma Hakim, dan Dyah Anindya Widyasrini. Meski bisa mencerahkan gigi, namun diperlukan kajian lanjutan untuk memahami efek sampung pada jaringan keras dan jaringan lunak pendukung gigi.

Loading...
Previous ArticleNext Article