Kenapa Kebaya Peserta Puteri Indonesia di Blur?

Posted on

Acara Malam Penobatan Puteri Indonesia pada Jumat (19/2/2016), menghadirkan pemandangan yang tidak biasa di layar kaca televisi. 

Kenapa Kebaya Peserta Puteri Indonesia di Blur Indosiar

Melalui siaran langsung yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta, publik tak dapat secara jelas menikmati karya-karya perancang yang busananya digunakan oleh para kontestan Puteri Indonesia. Banyak warga yang menuding, pengaburan gambar tersebut merupakan ulah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Korporat Indosiar, Gilang Iskandar menjelaskan bahwa pengaburan gambar dilakukan oleh stasiun televisi yang bersangkutan. Untuk tayangan Puteri Indonesia, kata dia pengaburan dilakukan karena KPI terlalu sering memberikan teguran kepada mereka.

“Terlalu sering KPI memberi teguran. Jadi kami ya daripada berisiko, maka melakukan itu (pengaburan gambar)” ungkap Gilang, Sabtu (27/2/2016).

Menurut dia acuan pengaburan gambar tertuang dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (PPPSPS). Menurut salah satu pasal, stasiun televisi dilarang menampilkan tayangan dengan menunjukkan bagian tubuh tertentu yang dinilai terlalu dewasa untuk disiarkan.

“Karena bajunya terlalu nerawang di bagian dada, sama anak-anak di-blur. Jadi di medsos kok tinggal muka. Aslinya enggak” tambahnya, seperti yang dilansir Kompas.

Loading...
Loading...