Gaya Hidup

3 Penyakit Berbahaya Yang Dapat Disebabkan Sakit Gigi

Ladies, sakit gigi memang menyakitkan. Membuat tidur tidak nyaman, makan tak enak dan melakukan segala sesuatunya jadi serba salah. Nah, jika kamu bermasalah dengan gigi jangan anggap enteng.

Bisa jadi, sakit gigi yang kamu alami adalah tanda penyakit lain yang lebih berbahaya.

Seperti yang dikutip dari fimela.com dari Health Line, Nico Geurs, DDS, direktur dari University of Alabama di Departemen Periodontologi di Birmingham sekaligus direktur UAB Dentistry Wellness Clinic, mengatakan bahwa kesehatan mulut dan gigi dapat mencerminkan status kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Seorang dokter gigi dapat mendeteksi penyakit dalam hanya dengan melihat gejala dan perubahan yang tampak pada mulut dan gigi. Dengan begitu, dokter gigi dapat merujuk pasiennya pada dokter spesialis yang mengkhususkan pada penyakit terkait.

Berikut ini adalah tanda penyakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Diabetes

Salah satu komplikasi dari diabetes adalah kesehatan gigi dan mulut yang terganggu. Ketika diabetes tidak terkontrol, tidak hanya glukosa yang ada di dalam darah saja yang meningkat, tetapi juga glukosa pada air liur. Air liur yang mengandung gula tinggi menyebabkan bakteri mudah tumbuh di dalam mulut. Hal inilah yang menyebabkan sakit pada gigi.

2. Kesehatan Jantung

Jika kamu mengalami gangguan gusi kronis, maka risiko pengerasan pembuluh darah akan semakin meningkat. Nah, untuk itulah menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk kesehatan jantung,

3. Asam Lambung

Asam lambung yang meningkat bisa jadi disebabkan oleh sakit gigi. Refluks asam lambung (GERD) yang juga biasa disebut maag muncul akibat pola makan yang tidak teratur. Ini menyebabkan asam lambung meningkat dan mengikis enamel gigi dan dentin.

Ladies, selain menggosok gigi dengan teratur kamu juga perlu rutin ke dokter gigi. Jangan menunggu sakit untuk ke dokter ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *