Gaya Hidup

5 Mitos Dalam Hal Memasak Ini Kerap Dilakukan, Anda Percaya?

telur rebus

Ternyata dalam dunia memasak pun ada beberapa mitos yang diyakini kebenarannya oleh sebagian kaum ibu, bahkan yang hidup di era modern seperti saat ini. Alasannya karena mitos itu sudah berlangsung sejak dulu dan beberapa sulit dibantah.

Proses masak pada jaman dulu membuat para leluhur berkreasi sendiri dan menurunkan kebiasaan itu untuk anak cucunya hingga kini. Padahal itu tidak terbukti secara ilmiah.

Apa saja mitos dalam memasak yang diyakini hingga kini? Laman Foxnews melansirnya Jumat (4/5/2018) seperti berikut:

Jika masak alkohol akan terbakar

Beberapa resep makanan ada yang harus menambahkan alkohol di dalamnya. Hal ini diyakini dapat memicu munculnya api dalam masakan. Padahal itu tidak benar, sebab kue yang diberi tambahan rum pun tidak akan memicu munculnya api.

Telur rebus diberi cuka akan mudah dikupas

Hal ini termasuk mitos. Anda menambahkan cuka atau tidak, kulit telur bisa tetap mudah dikupas jika setelah matang segera disiram dengan air bersuhu biasa.

Menambahkan garam bikin air cepat mendidih

Air akan mendidih di suhu 100 derajat celsius, jika Anda menambahkan garam hal itu akan sama saja. Namun jika konsentrasi garam cukup banyak, maka titik didih akan menurun jadi lebih rendah.

Sayur yang dipanaskan maka nutrisinya hilang

Banyak yang percaya jika sayur dipanaskan maka nutrisinya hilang atau rusak. Karena itu mereka memilih makan sayur mentah agar nutrisinya masih lengkap. Ini disebut termasuk mitos sebab jika dimasak tidak terlalu lama pun ternyata nutrisinya masih ada dan bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *