Gaya Hidup

6 Cara Jitu Mengatasi Bibir Pecah Pecah!

6 Kiat Jitu Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Masalah bibir kering dan pecah-pecah umum dialami oleh banyak orang saat puasa. Sebab, hampir seluruh bagian tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan selama kurang lebih 13 jam berpuasa. Selain menyebabkan tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah juga membuat penampilan jadi kurang maksimal dan terlihat pucat. Lantas, bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Setiap orang dari segala usia, baik pria maupun wanita, bisa mengalami bibir pecah pecah, terutama jika Anda memiliki jenis kulit kering. Pasalnya, kulit di bagian bibir cenderung lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya sehingga lebih mudah kering dan pecah-pecah.

Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya cuaca panas atau dingin, sensitif dengan makanan tertentu, dehidrasi karena sedang puasa, dan sebagainya.

Memiliki bibir kering dan pecah-pecah saat puasa memang cukup menganggu penampilan. Tenang, berikut ini adalah kiat-kiat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa, di antaranya:

Ketika bibir terasa kering hingga pecah-pecah, itu artinya tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Maka itu, cara terbaik untuk mengatasi bibir kering adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin.

Namun, hal ini tentu tidak dilakukan saat siang hari karena Anda sedang berpuasa. Jadi, pastikan Anda banyak nimun air puth saat sahur dan berbuka puasa, setidaknya delapan gelas air dalam sehari. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan masalah bibir kering yang mengganggu hari-hari Anda.

berbagai minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman bersoda dapat mengeringkan kulit bibir. Tidak hanya itu, minuman energi dan alkohol pun turut memberikan efek serupa.

Oleh sebab itu, Anda wajib menghindari minuman berkafein saat sahur dan berbuka puasa. Tidak hanya membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, minuman tersebut juga dapat memperberat kerja sistem pencernaan Anda. Akibatnya, puasa seharian terasa tidak nyaman dan terganggu.

Kalau Anda termasuk penggemar makanan asin atau pedas, baiknya hentikan kebiasaan Anda tersebut untuk sementara waktu. Pasalnya, makan makanan asin atau pedas sama-sama bisa menyebabkan bibir jadi semakin kering, bahkan membuatnya tak kunjung sembuh.

Tidak hanya itu, makanan pedas juga akan membuat tenggorokan Anda terasa semakin kering saat puasa. Alhasil, Anda menjadi lebih cepat haus dan mudah dehidrasi.

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa, ada baiknya Anda memperhatikan menu sahur dan buka puasa Anda. Sebab, kandungan nutrisi pada beberapa jenis makanan dapat membantu melawan masalah bibir kering Anda.

Vitamin B, salah satunya, dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat paparan sinar matahari. Contoh makanan yang kaya vitamin B adalah makanan sumber protein seperti ikan, unggas, dan golongan kacang-kacangan.

Tambahkan juga asupan Vitamin C pada menu sahur dan buka puasa Anda. Ini karena vitamin C mengandung antioksidan yang mampu melawan sariawan dan bibir pecah-pecah. Berbagai makanan sumber vitamin C  yang bisa Anda pilih di antaranya adalah buah jeruk, mangga, pepaya, dan sayuran hijau.

Selain itu, sifat antiradang pada asam lemak omega 3 juga tak kalah penting untuk membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Maka itu, coba sajikan menu tuna, mackerel, atau telur ayam yang mengandung asam lemak omega-3 pada menu sahur dan berbuka puasa Anda.

Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa juga dapat dilakukan dengan menggunakan lip balm. Lip balm adalah sejenis pelembap bibir yang dapat membuat bibir lebih kenyal dan sehat.

Meski lebih banyak digunakan oleh wanita, para pria juga bisa menggunakan lip balm untuk membantu menjaga kelembapan bibir saat puasa. Pilihlah lip balm yang mengandung SPF untuk mencegah bibir kering akibat paparan sinar matahari.

Untuk kelembapan yang maksimal, gunakan lip balm yang mengandung petrolatum, misalnya petroleum jelly, untuk memberikan sensasi kelembapan alami di bibir. Hindari lip balm yang mengandung eucalyptus atau menthol yang justru akan memperparah dan mengiritasi bibir.

Saat menyadari bibir kering dan pecah-pecah saat puasa, kebanyakan orang cenderung reflek menjilat atau membasahi bibir agar tak lagi kering. Namun nyatanya, cara ini justru bisa memperparah bibir kering dan pecah-pecah.

Memang benar,  air liur dapat membuat bibir tampak lebih segar sesaat. Akan tetapi ketika air liur tersebut mengering, sisa-sisa air yang ada di bibir akan segera menguap dan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis. Alhasil, bibir malah semakin kering dan mengelupas.

RW.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *