Gaya Hidup

Agar Anak Tidak Stunting Ibu Hamil Harus Banyak Makan Ini

stunting-infographic-carousel1-20140131

Data WHO menyebut bahwa Indonesia termasuk negara yang kasus stunting-nya cukup tinggi, hingga mencapai 23 juta balita.

Angka stunting tersebut ada di urutan ke-lima terbanyak seluruh dunia, mirisnya sebagian besar ibu belum paham dengan apa yang dimaksud dengan stunting.

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang dipicu oleh kurangnya asupan gizi saat ibu sedang hamil, hingga melahirkan dan anak berusia dua tahun.

Mengacu pada definisi UNICEF, stunting adalah anak-anak yang tingginya dibawah normal karena pertumbuhan terhambat. Selain itu juga perkembangan otak mereka tidak maksimal.

Untuk mencegah terjadinya stunting pada janin hingga nanti jika bayi sudah dilahirkan, maka ibu-ibu disarankan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikut adalah makanan yang disarankan bagi ibu hamil agar janin dan bayinya tidak kurang gizi:

Menurut pengurus dewan pimpinan pusat persatuan ahli gizi, dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, di awal kehamilan sampai usia 8 pekan, ibu perlu makan makanan kaya asam folat untuk pembentuk sistem syaraf pusat janin termasuk otak. Sumbernya adalah kacang hijau, bayam, alpukat dan jeruk.

Juga asam lemak tidak jenuh seperti alpukat, ikan, dan minyak zaitun agar sistem syaraf pusat berkembang sempurna.

Lalu protein dan lemak yang bisa diperoleh dari biskuit besar atau telur ayam rebus dan susu.

Trimester kedua dan ketiga, perbanyak konsumsi vitamin A yang sumbernya adalah wortel, juga telur. Mineral kalsium, zat besi, vitamin c, serat, dan zink juga perlu dikonsumsi yang sumbernya adalah tempe, susu, keju, hingga brokoli.

Ibu juga perlu konsumsi zat besi tinggi, yang diperoleh dari daging sapi merah dan tempe.

Termasuk pula vitamin C yang sumbernya adalah jambu biji, jeruk hingga kiwi.

Yang jelas, makanan bergizi dan bernutrisi tak selalu mahal, dan bisa diperoleh dari pasar tradisional juga dengan harga murah.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *