Gaya Hidup

Awas, Tahi Lalat Seperti Ini Bisa Berkembang Jadi Kanker

tahi-lalat

Punya tahi lalat di tempat tertentu bisa membuat seseorang makin menarik, contohnya di dagu, atas bibir, dan tempat lainnya di wajah. Seperti misalnya artis Nagita Slavina yang makin terlihat cantik dengan tahi lalat di atas bibirnya.

Namun ada jenis tahi lalat yang ternyata berbahaya dan bisa berkembang menjadi kanker kulit lho. Berikut ini beberapa ciri atau tanda yang perlu Anda ketahui perihal tahi lalat yang berbahaya tersebut, dilansir laman Miror, Rabu (24/4/2018):

Tidak simetris

Bentuk tahi lalat biasanya bulat dengan sisi kanan dan kiri sama. Jika bentuk tahi lalat tidak simetris alias tidak sama bagian kanan dan kirinya, maka Anda perlu waspadai.

Warna pinggiran yang tak jelas

Warna pinggiran tahi lalat biasanya tegas dan jelas, hitam atau coklat. Namun jika warnanya buram dan terlihat kabur, maka hati-hatilah sebab bisa jadi itu termasuk melanoma atau jenis kanker.

Warna lebih gelap

Tahi lalat yang berbahaya warnanya jauh lebih gelap dari biasanya. Selain itu bisa terdiri dari dua warna yang berbeda.

Bertambah besar

Apabila Anda amati terjadi pertambahan ukuran tahi lalat dari waktu ke waktu, maka segera periksakan diri ke dokter. Ciri kanker adalah makin bertambah besarr dan berkembang.

Berubah

Tahi lalat yang normal tidak akan berubah bentuk walau dalam waktu lama. Berbeda dengan kanker, ia akan mengalami perubahan sensasi, pendarahan, gatal, pengerasan kulit, pengelupasan, atau nyeri.

Apabila beberapa tanda tersebut Anda alami, maka segera datangi dokter untuk berkonsultasi.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *