Gaya Hidup

Bayi dan Balita Seharusnya Tak Diajak Nonton Bioskop Lho

5a8efd7f8677f118601e5ee8

Pernah duduk dekat dengan balita yang diajak oleh orang tuanya menonton bioskop? Lebih parah lagi, kadang ada bayi yang ikut digendong sang ibu yang asyik menonton film. Kebanyakan sih anak-anak yang masih belum cukup umur ini akan rewel, tak bisa duduk diam dan bahkan menangis kencang di tengah pertunjukkan.

Karena volume suara dalam ruang tertutup itu sangat kencang, ditambah lampu yang dipadamkan membuat balita merasa tak nyaman dan ketakutan. Wajar jika mereka rewel atau malah menangis.

Menurut Psikolog Anak, Ratih Zulhaqqi, orang tua seharusnya tidak mengajak bayi dan balita mereka ke bioskop. Alasan orang tua bahwa tak ada yang menjaga buah hatinya di rumah, tidak bisa diterima.

Orang tua seharusnya menahan diri untuk tidak berkunjung ke bioskop dahulu, dari pada memaksakan diri sambil mengajak bayinya.

“Di sinilah salahnya,” ungkap Ratih seperti dilansir laman Health Liputan6.com.

Orang tua seharusnya sadar peran utama mereka di dunia ini, adalah untuk menjaga dan mendidik buah hati mereka dengan baik.

Jika mereka masih mengedepankan ego untuk bisa menonton film dengan membawa bayinya, maka kontrol diri (self control) orang tua masih rendah.

“Itu harus dipertanyakan ketika mereka tidak memikirkan aspek terpenting di dalam hidup mereka,” tambah Ratih.

Aspek terpenting dan utama orang tua adalah anak. Orang tua harusnya paham bahwa daya tahan tubuh dan perkembangan seorang anak yang masih sangat kecil tidak begitu kuat.

Jika terjadi masalah kesehatan akibat membawa bayi dan balita ke bioskop, maka orang tua sendiri yang akan menyesal.

Pic: mommyasia

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *