Gaya Hidup

Benarkah Memakai Tisu Basah Bisa Bunuh Bakteri?

tisu basah

Alasan kepraktisan membuat banyak orang memilih menggunakan tisu basah untuk membersihkan tangan sebelum makan. Apalagi banyak produk tisu basah yang diklaim mengandung antibakteri atau alkohol. Hal serupa juga jadi alasan orang memilih memakai hand sanitizer berbentuk gel.

Pertanyaannya, apakah bakteri di tangan dan anggota tubuh lain benar-benar bisa mati dengan menggunakan tisu basah atau hand sanitizer? Efektifkah memakai kedua bahan tersebut?

“Kalau tangan kita tampak terlihat kotor secara kasat mata tentu dengan itu (tisu basah) enggak bisa. Tapi kalau kita hanya bepergian sebentar, habis salaman, itu bisa,” kata Ketua Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) yang juga Dokter Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia Dr. Wani Devita Gunardi, SpMK seperti dilansir laman viva.co.id.

Namun tentu terbatas waktunya dan tidak bisa menggunakan bahan itu dalam waktu lama, apalagi jika tangan secara kasat mata kotor. Anda harus kembali memakai air bersih untuk membersihkan kotoran tersebut ditambah dengan sabun agar kumannya mati dan terbuang.

Alkohol yang ditambahkan dalam tisu basah atau gel pembersih tangan memang bersifat antiseptik, bisa membunuh bakteri. Namun tidak bisa sempurna membersihkan kotoran jika jumlahnya banyak.

Tisu basah mengandung alkohol juga bisa dipakai untuk membersihkan dudukan toilet, ini lebih efektif ketimbang memakai tisu kering.

“Kalau tisu biasa ya enggak berpengaruh pada bakterinya,” tambah dia.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *