Gaya Hidup

Fakta dan Mitos Dibalik Teh Hijau, Perlu Diketahui

makanan penekan nafsu makan

Teh hijau memiliki manfaat untuk kesehatan, hal itu tentu semua sepakat. Terdapat kandungan zat antioksidan tinggi di dalam pucuk-pucuk teh tersebut yang mampu menangkal efek buruk radikal bebas di dalam tubuh.

Akan tetapi kadang ada pula yang melebih-lebihkan manfaat atau khasiat dari teh hijau, sehingga terkesan bahwa semua penyakit bisa dicegah dan diatasi dengan herbal ini.

Nah, apa saja mitos dan fakta dari teh hijau yang perlu diketahui oleh kita semua? Simak yuk berikut ini penjelasannya seperti dilansir laman Viva:

Bikin panjang umur

Menurut DR med. dr. Maya Surjadjaja, MS, SpG, minum teh hijau secara rutin memang menyehatkan, selama tidak ditambahkan gula berlebihan. Ada zat bernama EGCG (Epigallocatechin-3-Gallate) pada pucuk daun teh hijau yang disebut-sebut dapat memperpanjang angka harapan hidup seseorang.

Bikin langsing

Selama Anda minum teh hijau tanpa gula, maka itu adalah fakta. Energi tubuh akan cepat terbakar dan oksidasi lemak cepat terjadi membuat seseorang sulit gemuk. Metabolisme juga berjalan cepat.

Ada kafeinnya

Teh hijau mengandung kafein, itu benar namun jumlahnya kecil. Fungsinya sama seperti kafein dalam kopi, bisa membuat sulit tidur.

Membuat zat besi sulit dicerna

Zat besi sulit dicerna jika Anda baru minum teh hijau. Ini tentu merugikan karena produksi sel darah merah bisa terganggu.

Picu batu ginjal

Jika Anda minum berlebihan maka benar dapat memicu munculnya batu ginjal.

Meningkatkan penglihatan

Penyakit degeneratif kronis seperti katarak atau glukoma bisa dikurangi efeknya jika Anda konsumsi teh hijau.

Menambah fungsi otak

Pada penderita pikun, Alzheimer, parkinson, maka rutin minum teh hijau bermanfaat meredakan efek buruknya.

Kesehatan gigi dan gusi

Zat antiinflamasi pada teh hijau mengurangi peradangan dan membantu proses penyembuhan sakit gigi dan gusi.

Batas aman mengonsumsi teh hijau adalah enam cangkir sehari, sehingga jika lebih dari itu dapat menimbulkan masalah. Semoga bermanfaat.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *