Gaya Hidup

Ibu Perlu Tahu, Imunisasi Dapat Mencegah 7 Penyakit Lho

imunisasi

Beberapa orang berpendapat bahwa imunisasi tidak penting, malah dapat berakibat buruk bagi anak-anak. Menjawab opini tersebut, Ketua Satuan Tugas Imunisasi Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI) Prof dr Cissy B Kartasasmita menjelaskan bahwa justru dengan melakukan imunisasi lengkap maka tujuh penyakit bisa dicegah.

“Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi atau PD3I adalah polio, hepatitis B, pertusis, difteri, haemophilus influenzae tipe B, campak dan tetanus,” ungkap dr Cissy, Rabu (25/4/2018).

Saat ini penyakit PD3I masih ditakuti dan jadi ancaman kesehatan di dunia. Di Asia Tenggara kasusnya malah lebih tinggi dibanding negara di benua lain. Indonesia teermasuk yang belum bebas dari penyakit tersebut.

Mirisnya, di Indonesia cukup sering terjadi kejadian luar biasa (KLB) penyakit menular yang menelan korban tidak sedikit.

Akibatnya, biaya pengobatan individu jadi tinggi dan itu juga berakibat pada naiknya biaya kesehatan nasional. Salah satu cara mencegah terjadinya KLB penyakit menular adalah dengan imunisasi.

“Karena itu, anak harus mendapatkan imunisasi lengkap baik imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan,” ungkapnya.

Pekan Imunisasi Internasional diselenggarakan setiap pekan terakhir bulan April, yaitu 24 April hingga 30 April, setiap tahun oleh WHO.

Jadi jangan takut untuk melakukan imunisasi lengkap demi mencegah anak mengalami penyakit menular yang berakibat fatal.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *