Gaya Hidup

Ini usia terbaik bayi belum minum air putih

Ini usia terbaik bayi belum minum air putih

Ini usia terbaik bayi belum minum air putih

Mengenalkan air putih pada bayi bisa dilakukan saat si Kecil sudah cukup usia. Pada bayi ASI eksklusif, mereka tidak membutuhkan serta tidak perlu diberikan air putih. Bayi di bawah 6 bulan mendapatkan cukup cairan hanya dari ASI, walaupun cuaca panas dan saat bayi berkeringat. Akan tetapi, saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan, bayi sesudah boleh diberikan sedikit air putih saat haus atau berkeringat. Hanya saja, perlu di ingat jangan terlalu banyak memberikan air putih karena dapat membuat bayi menjadi kembung, tidak mau lagi minum ASI, dan bahkan sakit perut.

Apalagi, terlalu banyak air putih juga mengganggu proses penyerapan nutrisi dari ASI. Pada kasus yang lebih gawat (tapi jarang, pemberian air putih terlalu banyak dapat menyebabkan intoksikasi air. Dalam kondisi ini, air mengencerkan kadar garam dalam tubuh sehingga tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan. Akibatnya, bayi dapat mengalami kejang, penurunan kesadaran, bahkan koma. saat anak menginjak usia 1 tahun dan sudah mengonsumsi makanan padat, ibu dapat memberikan air putih sesuai oleh keinginan anak.

Pada kondisi tertentu seperti diare, anak dapat mengalami kekurangan cairan. Hindari pemberian air putih karena anak membutuhkan carian yang mengandung elektrolit. Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter sebelum memberikan cairan elektrolit kepada anak kamu. Sebagai kesimpulan, bayi ASI eksklusif tidak perlu diberikan air putih. Setelah menginjak usia 6 bulan, bayi sudah boleh diperkenalkan sedikit air putih. (WL)

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *