Gaya Hidup

Kerap Pusing Saat Puasa Bisa Disebabkan Oleh Hal Ini

pusing

Puasa adalah ibadah yang sejatinya akan memberi dampak pada peningkatan kesehatan tubuh. Namun jika Anda kerap merasa pusing saat sedang menjalankan puasa, maka bisa dipastikan ada beberapa hal yang salah.

Jika Anda menerapkan pola hidup sehat, cukup tidur, dan tidak salah memilih menu disaat buka puasa atau sahur maka keluhan sakit kepala tidak akan dialami.

Sejatinya puasa hanya perubahan pola makan saja, sehingga tidak akan memberi efek buruk pada kesehatan diri. Anda juga disarankan untuk tidak melewatkan makan sahur, atau enggan makan sahur dengan menu lengkap.

Menurut Ahli Gizi dari Departemen Diet Rumah Sakit Umum Singapura, Tan Sheau Kang, seseorang yang enggan makan sahur sama dengan melewatkan satu kali waktu makannya. Padahal di saat puasa, waktu makan hidangan lengkap hanya berlangsung dua kali.

“Tidak sahur sama dengan melewatkan makan. Padahal tubuh orang yang berpuasa bergantung pada makanan, agar semua nutrisi terserap baik dan tubuh berenergi sampai waktu iftar (buka puasa),” jelas Tan seperti dilansir Health XChange Sg Rabu, (23/5/2018).

Apalagi jika waktu berpuasa lebih dari 14 jam, seperti yang sering terjadi di negara-negara Eropa karena matahari terbenam lebih lama. Kondisi itu bisa memicu dehidrasi atau kurang cairan.

Karenanya sahur harus dilakukan, walau Anda kadang enggan bangun untuk menyiapkan makan.

Pilihlah makanan yang tepat untuk sahur, jangan konsumsi makanan yang tak sehat semisal gorengan, makanan tinggi gula, makanan yang kaya santan, juga cita rasa sangat asin.

Semua makanan itu hanya akan membuat Anda makin dehidrasi, serta mudah pusing.

Pilihlah makanan sehat seperti aneka sayuran, buah, juga sumber protein untuk mencukupi gizi tubuh. Minum air putih dalam jumlah cukup pun disarankan olehnya.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *