Miris, seekor kura-kura di sebuah pusat konservasi di Sriracha, Chonburu, sebelah timur Bangkok hampir meregang nyawa akibat kebiasaan buruk para pengunjung.


Seperti dilansir Tribun Medan, Rabu (8/3), kurra-kura hijau betina yang diberi nama Omsin — istilah Thailand untuk celengan — telah menelan ribuan koin yang dilempar para pengunjung ke dalam tangkinya.


Menurut orang Thailand, dengan melemparkan koin kepada kura-kura dapat memperpanjang usia mereka.


Namun yang terjadi malah sebaliknya, si kura-kura betina berusia 25 tahun itu yang harus menanggung perbuatan mereka. Kura-kura itu hampir kehilangan nyawa setelah menelan koin yang sudah membentuk bola seberat 5 kilogram.



Bahkan, koin-koin tersebut hampir meretakkan cangkang Omsin.


Beruntung hal ini diketahui dengan cepat oleh pihak konservasi sehingga Omsin ditangani dengan dokter hewan.


Oleh dokter hewan, Omsin akhirnya menjalani operasi selama tujuh jam.


Menurut sang dokter, operasi ini adalah sejarah utama dalam hidupnya selama menekuni profesi sebagai dokter hewan. Ia tidak menyangka telah melakukan operasi tersebut.


“Kami pikir akan memakan waktu sekitar satu bulan untuk memastikan dia akan sepenuhnya pulih,” kata Nantarika Chansue dari Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan Universitas Chulalongkorn, sembari menambahkan bahwa Omsin akan butuh enam bulan lebih terapi fisik.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here