Gaya Hidup

Menurut Studi, Orang yang Berjalan Cepat Kesehatannya Lebih Baik

Jalan Kaki

Cara berjalan seseorang bisa menunjukkan kondisi kesehatannya, demikian menurut hasil sebuah studi yang dilakukan di Universitas Leicester, Inggris. Jika ia terbiasa berjalan cepat dan lincah maka kesehatannya lebih baik dari pada orang yang cara berjalannya lambat.

Studi yang melibatkan 420 ribu relawan lebih itu berlangsung selama enam tahun. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kecepatan berjalan normal dan risiko kematian dini dari responden akibat penyakit jantung.

Dilansir laman Elite Daily, hasil studi tersebut mengungkap bahwa orang yang berjalan lambat memiliki risiko 1,8 sampai 2,4 kali lipat lebih besar untuk mengalami kematian dini dibandingkan responden yang cara berjalannya cepat.

Orang yang berjalan cepat lebih sehat dan bugar sehingga mampu melangkah lebih cepat ketimbang orang yang berjalan lamban. Hal itu juga mengindikasikan bahwa mereka lebih sering olahraga ketimbang yang berjalan lambat.

Kebiasaan berjalan kaki secara rutin juga menurunkan risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi serta obesitas. Dua hal tersebut adalah pemicu paling banyak munculnya masalah penyakit jantung.

Fakta ini membuat tim peneliti ingin memotivasi para responden dan juga masyarakat luas untuk lebih aktif bergerak dan berjalan lebih cepat.

Menggunakan tangga lebih sehat ketimbang lift atau eskalator. Demikian juga berjalan kaki ke lokasi yang dekat lebih dianjurkan ketimbang naik kendaraan. Jadi, yuk bergerak lebih banyak.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *