Musik merupakan karya seni yang menyenangkan dan menghibur bagi banyak orang. Tak heran jika banyak orang baik anak-anak maupun orang dewasa berbondong-bondong mendatangi tempat kursus untuk belajar musik.

Namun tahukah Anda bahwa belajar musik rupanya dapat menunjang kesuksesan dalam kehidupan Anda? Seperti yang dikutip dari metrotvnews.com, berikut beberapa alasan mengapa belajar musik membuat orang lebih sukses.

1. Lebih kreatif
Penelitian menunjukkan bahwa politisi, pengusaha dan banyak dari mereka yang sejak kecil dilatih untuk menjadi musisi menjadi lebih sukses. Orang-orang yang pernah mendapatkan pendidikan musik dikatakan menjadi lebih kreatif.

“Musik memungkinkan Anda untuk melihat dan melampaui apa yang ada saat ini dan mengespresikan diri dengan cara yang baru,” kata Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft.

2. Perkembangan otak berbeda
Para peneliti telah menunjukkan bahwa memainkan alat musik cenderung memiliki banyak efek menguntungkan bagi otak, terutama bagi anak-anak. Memang, mereka yang mulai dari usia dini (sekitar 9-11 tahun) memiliki “volume wilayah abu-abu” (berguna untuk pemrosesan informasi) lebih signifikan dalam kepala mereka. Meskipun hal ini tidak berarti bahwa musisi itu cerdas, tapi itu menunjukkan bahwa otak mereka membuat cara komunikasi yang unik dan menarik.

3. Mudah bersosialisasi
Musik sering dianggap sebagai cara untuk menggabungkan budaya, ide dan perspektif. Bahkan ketika Anda belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, Anda selalu dapat menggunakan kemampuan Anda dengan memainkan musik untuk mengenal orang-orang di sekitar Anda.

4. Lebih jago matematika
Ini mungkin tidak selalu berlaku bagi semua yang belajar musik, namun Anda mungkin tahu bahwa beberapa jenis alat musik berkaitan dengan matematika. Sangat masuk akal jika musisi yang memahami konsep bahasa musik akan lebih mudah memahami matematika.

5. Memiliki pola hidup yang baik
Seseorang yang bermain alat musik seperti drum pasti tahu bagaimana untuk menjaga ritme dan tempo dalam sebuah lagu agar menghasilkan irama yang selaras dan seirama. Selain itu, orang yang bermain musik lebih mudah untuk masuk ke dalam alur dan menyelesaikan tugas yang berulang-ulang pada tingkat yang konsisten. Artinya, belajar bagaimana mempertahankan tempo musik tidak hanya membuat pemain musik lebih baik, tapi juga membuat mereka memiliki pola kerja lebih efektif dan produktif.

6. Mereka obsesif
Mereka yang belajar musik sedikit lebih obsesif untuk melatih keterampilan mereka. Untuk bisa menjadi pemain musik yang handal, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan kesungguhan hati untuk mempelajari musik. Jika Anda bersedia untuk menempatkan rasa obsesif dalam bermusik di kehidupan nyata, Anda mungkin akan mendapatkan semangat dan ambisi yang sama dalam kehidupan Anda.

7. Kemungkinan memiliki IQ tinggi
Hal ini berlaku terutama jika mereka mulai bermain musik pada usia dini sekitar 6 tahun. Studi menemukan bahwa anak-anak yang belajar musik di usia dini menunjukkan peningkatan inteligensi yang lebih besar, ditandai dengan angka IQ.

8. Memiliki kontrol diri yang lebih baik
Belajar memainkan alat musik dengan membaca notasi adalah tugas yang cukup sulit. Membutuhkan fokus dan mental yang baik untuk itu, setelah Anda terampil bermain musik, dibutuhkan bakat dan kontrol diri untuk menjaga tempo agar tetap selaras. Anda belajar melawan ego Anda agar musik bisa terdengar harmonis.

Jika pola ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu akan menjadi hal yang baik. Mengatur sikap agar hidup tetap harmonis dan selaras dengan tujuan.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here