Gaya Hidup

Penjelasan Para Ahli Mengapa Sering Minum Teh Dapat Membuat Gigi Menjadi Kuning

Teh merupakan salah satu minuman favorit orang Indonesia. Minuman sari daun ini bisa dinikmati panas maupun dingin.

Namun, banyak efek yang bisa ditimbulkan dari teh. Salah satunya adalah membuat gigi kuning, sama seperti kopi.

Dikutip dari laman The Independent, baru-baru ini seorang ahli gigi White Glo dan Jordan Kirk mengatakan, segala jenis teh dapat menyebabkan gigi berubah warna. “Enamel gigi secara alami berpori dan dapat menyerap tannin dalam teh, yang mengarah pada perubahan warna gigi yang tidak menyenangkan,” katanya.

Teh mengandung beberapa senyawa yang sudah diketahui menodai gigi. Menurutnya, termasuk theaflavin, thearubigins dan theabrownins, yang memiliki lebih banyak efek perubahan warna pada gigi.

Theaflavins dan thearubigins adalah konstituen dari tannin, zat yang juga digunakan dalam proses penyamakan kulit.

Teh hijau diduga mengandung jumlah tanin tertinggi, seperti yang dinyatakan oleh Victor R Preedy, penulis ‘Teh dalam Kesehatan dan Pencegahan Penyakit’.

Beberapa tanin adalah antioksidan, dan dengan demikian dapat dilaporkan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Sementara sejumlah besar asam tannic dapat menyebabkan iritasi lambung dan kerusakan hati, para ahli telah mengklarifikasi bahwa baik teh hijau dan hitam mengandung tanin, bukan asam tannic.

Sementara itu Kirk juga menjelaskan kepada The Sun bahwa kadar tannin yang tinggi menciptakan plak di gigi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning. [KS]

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *