Gaya Hidup

Rutin Minum Vitamin B6 Bikin Mimpi Jadi Mudah Diingat

ingat mimpi

Jika Anda ingin mudah mengingat mimpi yang dialami saat tidur, maka rutinlah minum vitamin B6. Ini adalah kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari fakultas psikologi Universitas Adelaide, Australia.

Penelitian yang telah dipublikasi dalam jurnal Perceptual and Motor Skills tersebut melibatkan 100 orang partisipan dalam studinya.

Para partisipan itu, dilansir laman Reader’s Digest Sabtu (26/5/2018), dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok diberi vitamin yang berbeda yakni vitamin B6, vitamin B kompleks, dan plasebo.

Setelah pemberian vitamin dalam jangka waktu tertentu, partisipan diberi tugas untuk menuliskan catatan mimpi yang mereka alami dan lima hari kemudian dikumpulkan kepada para peneliti.

Dari catatan mimpi yang telah ada, disimpulkan bahwa kelompok yang mengonsumsi vitamin B6 lebih mudah mengingat mimpi yang mereka alami saat tidur. Hal itu tidak terjadi pada kelompok lain yang mengonsumsi vitamin lain.

Dr. Denholm Aspy, salah satu peneliti, menyatakan bahwa temuan ini menarik. Ada fenomena lucid dream atau mengendalikan mimpi yang bisa diperdalam dengan adanya temuan tersebut.

“Rata-rata orang menghabiskan sekitar enam tahun hidup untuk bermimpi,” ujarnya dalam keterangan.

Jika seseorang bisa mengingat mimpi, maka lucid dream kemungkinan bisa dilakukan. Dengan begitu maka banyak permasalahan seperti mimpi buruk, fobia, pemecahan masalah kreatif, dan rehabilitasi dari trauma fisik yang bisa dilakukan.

Akan tetapi menurutnya, konsumsi B6 secara berlebihan juga tidak disarankan karena bisa menyebabkan keracunan.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *