Gaya Hidup

Sepatu Jangan Disimpan dan Dipakai Dalam Rumah, Alasannya Ini

Sepatu bau

Kebiasaan orang di negara Barat adalah memakai sepatu sampai ke dalam rumah, bahkan hingga masuk kamar tidur mereka. Hal ini lantas jadi inspirasi penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Arizona.

Studi ini pun menghasilkan kesimpulan bahwa banyak efek buruk yang bisa terjadi akibat kebiasaan memakai sepatu dalam rumah, apalagi jika sampai ke kamar tidur. Dilansir oleh laman Huffington Post, Rabu (25/4/2018), ini beberapa hal yang bisa memberi efek buruk tersebut:

Bakteri

Ada beberapa jenis bakteri berbahaya yang bisa terbawa oleh sepatu saat Anda memakainya di luar rumah. Menurut studi, rata-rata 421 ribu bakteri akan menempel di sepatu, terdiri dari sampai sembilan jenis yang berlainan.

Beberapa adalah Escherichia coli, atau E. coli. Ini adalah bakteri berbahaya yang memicu infeksi usus, diare, kram perut, bahkan sampai meningitis.

Ada pula jenis bakteri Klebsiella pneumoniae, pemicu penyakit infeksi saluran kemih.

Ditemukan juga jenis bakteri Serratia ficaria yang memicu infeksi respiratori (pernafasan).

Racun

Banyak jenis racun yang ada di luar rumah, dan bisa menempel di sepatu saat Anda memakainya. Misalnya racun dari halaman yang berasal dari obat pembunuh serangga.

Ada juga racun yang berasal dari jalan aspal yang dilapisi tar, ini bisa memicu kanker dan penyakit lain. Jika sampai masuk ke dalam rumah, lantas menjadi satu dalam wujud partikel debu, Anda sangat mungkin terkontaminasi.

“Air hujan bisa mengandung gasolin dan zat kimia, yang bisa menempel ke sepatu, dan masuk ke rumah,” ungkap Kelly Renolds, PhD, pakar mikrobiologi dan profesor di University of Arizona.

Jika di rumah Anda ada anak kecil, maka mereka juga mungkin terpapar. Kebiasaan anak balita yang sering memasukkan tangan ke dalam mulut makin membuat hal itu membahayakan.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *