Gaya Hidup

Sering Ngupil Ternyata Tidak Sehat Bagi Hidung

ngupil

Ngupil atau mengupil adalah kegiatan yang dilakukan orang dengan cara memasukkan satu jari ke dalam lubang hidung untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Kegiatan ini sering dianggap hanya iseng, untuk membersihkan kotoran hidung.

Padahal dari sisi kesehatan kegiatan mengupil itu sebenarnya tidak disarankan lho. Jika Anda memasukkan jari ke dalam lubang hidung, maka risiko yang bisa terjadi adalah kerja hidung sebagai penjaga kelembaban bisa terganggu.

Demikian pula fungsi hidung untuk penghangat udara dan indra penciuman dapat berkurang. Akibatnya hidung bisa tersumbat atau berlendir, yang secara tak langsung akan mengganggu saluran napas atas, saluran napas bawah, hingga memicu gangguan tidur.

Perlu diketahui, hidung merupakan organ yang menyaring udara sebelum masuk ke paru-paru. Jadi fungsinya penting sekali.

Jika hidung terganggu fungsinya akibat infeksi dan komplikasi, maka gejala yang muncul adalah hidung tersumbat, pilek, gangguan penciuman, dan pusing hingga menimbulkan rhinosinus.

“Gangguan itu sampai pada saluran napas bawah dan akan menimbulkan bronkitis,” kata Ketua Program Studi PPDS I Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorokan – Kepala Leher (THT-KL) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Sarwastuti Hendradewi seperti dilansir laman tempo.co.

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan hidung? Menurut Sarwastuti, kita bisa melakukan cuci hidung dengan larutan isotonik minimal 1 kali sehari.

Hindari pula penyebab alergi yang ada pada udara, dengan menjauhi udara kotor misalnya yang berasap rokok. Jangan sering ngupil atau mengorek kotoran hidung dengan jari.

Cara mencuci hidung adalah dengan menghirup air bersih lalu disemprotkan kembali seperti pada gerakan berwudhu.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *