Gaya Hidup

Tiba Tiba Menangis Tanpa Sebab, Anda Mungkin Alami Hypophrenia

menangis

Umumnya menangis hanya terjadi saat seseorang merasa haru, sedih, terlalu bahagia, dan pemicu lain yang menyebabkan emosi itu muncul. Nah, jika tiba-tiba Anda menangis tanpa ada sebab dan pemicu yang jelas, maka tentu itu bukan termasuk normal.

Menurut Rena Masri M.Psi. penyebabnya perlu ditelaah lebih jauh. Tidak bisa serta merta disebut mengidap bipolar atau menderita hypophrenia.

“Kalau pengidap bipolar, mood orang tersebut swing. Saat ini dalam keadaan sedih, dalam hitungan menit tiba-tiba dia bisa ketawa,” jelasnya seperti dilansir laman Liputan6.com.

Sedangkan hypophrenia, didefinisikan sebagai gangguan yang membuat seseorang sedih atau menangis secara tiba tiba.

Bisa jadi hal itu disebabkan oleh trauma masa lalu, perasaan kehilangan yang mendalam, serta sebab lain. Rasa sedih tersebut akan mendadak keluar dan memicu tangis.

“Kalau ditanya kenapa dia nangis, mungkin dia juga enggak tahu jawabannya,” jelas Rena.

Jadi penderita hypophrenia itu mengalihkan apa yang ia alami, pengalaman traumatis yang membuatnya sedih. Perasaan itu ia tekan dan dapat hilang untuk sementara waktu.

Namun bisa tiba-tiba muncul lagi disaat lain yang ia sudah tak lagi ingat.

“Uniknya, dia enggak sadar kalau itu traumatis. Jadi munculnya ya itu, bisa tiba tiba sedih dan lainnya,” tambah dia.

Apabila tidak dicari permasalahannya, maka kondisi tersebut akan muncul lagi entah kapan. Anda juga bisa mengalami manik depresif.

Jadi jika Anda pernah menangis tiba-tiba tanpa sadar apa masalah yang memicunya, bisa jadi Anda punya trauma besar di masa lalu.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *