Gaya Hidup

Waduh, 8 Makanan Ini Paling Banyak Terpapar Pestisida

anggur

Penggunaan pestisida pada pertanian saat ini adalah hal yang tak bisa dihindari. Hampir tak ada buah dan sayur di pasaran yang lepas dari bahan kimia tersebut, kecuali hasil dari pertanian organik.

Pestisida diperlukan untuk melindungi tanaman dari serangan serangga pengganggu. Namun tentu sudah ada takaran aman yang diperbolehkan, saat petani menyiram bahan kimia tersebut pada tanaman mereka.

Zat tersebut akan menempel di daun dan buah, sehingga serangga tidak suka serta tidak merusak tanaman. Organisasi Kesehatan Dunia telah merilis bahwa jika pestisida ada dalam jumlah berlebihan maka bisa menjadi racun untuk orang yang mengonsumsinya.

Berikut adalah beberapa jenis makanan, dalam hal ini buah dan sayur yang disinyalir paling banyak penggunaan pestisidanya dan paling tercemar, seperti dilansir laman Times of India, Senin (21/5):

Kentang

Disebutkan bahwa kentang mengandung banyak pestisida yang disemprotkan agar tanamannya tidak diserang hama.

Apel

Buah ini banyak disukai, karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Namun sayang, untuk membuatnya tumbuh sehat ia butuh disemprot pestisida secara rutin, bahkan jenis racun serangganya lebih dari satu.

Bayam

Sayuran ini juga perlu diberi semprotan racun serangga agar daunnya sehat dan tak diserang ulat serta hama lain. Saat disemprot maka racun tersebut menempel di daunnya.

Ketimun

Terdapat sekitar 80 % pestisida yang menempel di permukaan kulit ketimun, sehingga mencuci dengan baik memakai sabun anti bakteri sangat disarankan. Apalagi jika Anda berencana makan dengan kulitnya.

Strawberi

Buah ini pun rentan diserang hama, jika tak dirawat dengan baik dengan pestisida.

Anggur

Anggur yang ranum adalah makanan yang disukai ulat, juga serangga dan hewan lainnya. Untuk menghindari serangannya maka diberikan semprotan pestisida.

Selada

Sama seperti jenis sayuran daun lainnya, ada banyak hewan yang jadi musuh dari selada. Tak heran jika dibutuhkan racun pestisida untuk menjaganya agar tetap sehat.

Anda tak perlu takut mengonsumsi jenis makanan di atas, karena sebenarnya pestisida yang menempel bisa dihilangkan dengan cara cuci yang benar.

Rendam buah dan sayur tersebut dengan air garam atau air yang diberi cuka apel selama beberapa menit hingga pestisidanya lepas, lalu bilas dengan air bersih. Makanan tersebut sudah bisa dikonsumsi dengan aman. Semoga bermanfaat.

Sumber Berita

Loading...
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *